Halaman

Selasa, 25 Mei 2010

Konfigurasi IP Address di Debian Lenny


              Dalam sharing kali ini kita akan belajar bagaimana memberi ip address untuk komputer yang telah terinstall sistem operasi debian 5 ( lenny ) yang digunakan sebagai server di jaringan. Untuk versi desktop saya tidak membahasnya. Untuk proses instalasinya saya juga tidak membahas karena keterbatasan bandwith yang saya miliki  ( maklum pake yg unlimited klo kuota dah abis jg lemot dech ) . Untuk itu saya hanya memberikan link bagaimana cara menginstalnya. Nih dia linknya: http://www.howtoforge.com/perfect-server-debian-lenny-ispconfig3

Untuk menginstal versi server, dalam proses select and install software jangan anda pilih dekstop environmnet karena bila anda pilih maka otomatis akan menginstall versi GUI ( jadi desktop deh ).

Bila telah terinstal dengan baik sekarang kita belajar cara memberi ip address pada debian lenny.
  • Dalam form login, masukan username dan password ( dalam hal ini lks ). setelah itu, login sebagai root dengan perintah su dan masukan username n passwordnya.
  • ketik perintah ifconfig -a untuk mengetahui NIC yang kita miliki ( eth0 secara default bila kita hanya memiliki 1 NIC ).
  • selanjutnya ketik: pico /etc/network/interfaces.



  • tambahkan baris :
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168. 1.2
netmask 255.255.255.0
bila sudah..pencet tombal ctrl+o dan enter
dan pencet tombol ctrl+x.

 
  • restart service dengan mengetik /etc/init.d/networking restart
  • maka akan tampil seperti gambar.


Bila telah berhasil coba ping ke 192.168.1.2..dan jika hasilnya reply from 192.168.1.2.......................berarti anda telah berhasill....

ym: mansur_tkj26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar