Laman

Selasa, 18 Mei 2010

Cara memilih distro linux

apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata linux. apaan tuh,,Susah, ribet,,dan.....
hal demikian menjadi lumrah karena opini tersebut telah meluas di kalangan IT.
namun ,,dalam kenyataannya tidak demikian karena saya merasakan begitu asyiknya NgOPREK linux.

Bagi teman IT sekalian bila anda bingung mencari distro linux yang tepat untuk anda gunakan ,saya mencoba berbagi pengalaman kepada anda semua. Pertama anda harus yakin bahwa linux itu mudah,,gampang,,tentunya asik buat di oprek. Bila anda ingin menggunakan linux sebagai OS pribadi yang digunakan untuk office atau buat ngetik,,ngenet,,dsb..saya menyarankan beberapa distro yaitu :
  1. Ubuntu : distro linux yang user friendly. tampilannya pun gak kalah2 amat ama windows. mempunyai fitur   yang cukup lengkap sebut saja aplikasi perkantoran seperti MS office yaitu Open Office. Buat nyetel lagu juga ada Rhytmbox Player n buat nytel vidoe ada Mplayer..buat browsing ada FIrefox. Selain itu,,buat yg seneng YM ada aplikasi Pidgin yg jga support Facebook ( ga pke buka facebook.com lgi ). klo mo donlot nih distro saya kasih LInknya ( versi terkhirnya 10.04 ) http://www.ubuntu.com/getubuntu/download. biar tambah yahudd...nih screen shot dekstopnya
  2. Mint : nah distro yg satu ini jga turunan ubuntu...bedanya apa dong ? kalo linux mint lebih power Full..cocok buat kalian yg suka tampilannya bagus..selain itu, distro ini telah menyertakan codec buat multimedianya kayak ubuntu tapi lebih lengkap. kalo mo donlot ni linknya ( http://www.linuxmint.com/download.php ).Versi terkhirnya yaitu versi 8.
  3. buat yang suka disto anak indonesia ada kok : blankOn, dewa linux, nusantara,

Untuk versi servernya saya menyarankan ( server cuma text mode ja ) :
  1. Debian : Distro ini merupakan distro linux tertua. debian dikalangan linux administrator mempunyai kehandalan system dan kestabilan sytem yang baik. websitenya ( debian.com ).
  2. Ubuntu : distro ini jga handal dalam menjaga kestabilan jaringan. aslinya ubuntu merupakan turunan distro debian. namun para pengguna linux membuat distro ini supaya linux semakin berkembang tidak statis seperti windows yang hanya dikembangkan oleh microsoft. 
Nah sedikit sharing dari saya semoga bermanfaat ...Jayalah Indonesia..
YM : mansur_tkj26
facebook : mansur.linuxers@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar